KEGIATAN KELAS IBU BALITA PERIODE KE 2

  • Jun 22, 2023
  • BAKALAN-DUKUHSETI
  • DANA DESA, KEGIATAN, KESEHATAN

Kegiatan Kelas Ibu Balita adalah kelas untuk ibu-ibu yang memiliki anak usia 0 sampai dengan 5 tahun untuk berdiskusi bersama, bertukar pendapat dan berbagi pengalaman tentang pengaturan pelayanan kesehatan, gizi dan mendorong pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini merupakan peningkatan dimensi fisik seperti berat dan tinggi badan. Perkembangan adalah peningkatan kemampuan struktur dan fungsi tubuh menjadi lebih kompleks, seperti kemampuan transisi anak dari berguling ke duduk, berdiri, dan berjalan.

Pemberian Makanan Tambahan Air Susu Ibu (MPASI) sebaiknya dilakukan sejak usia 6 bulan. Karena pada usia ini, kebutuhan gizi dan nutrisi bayi tidak dapat dipenuhi hanya dengan ASI saja. MPASI yang baik dan baik adalah makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi, termasuk zat gizi mikro, pada bayi dan anak balita. Bayi dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. MPASI yang baik, yakni MPASI padat akan berenergi tinggi, seperti Protein dan zat gizi mikro anatara lain zat besi, zinc, kalsium, vitamin A, vitamin C dan asam folat, yang tidak terdapat dalam ASI.

Bagi keluarga dan Balita, kelas ini merupakan sarana untuk berkomunikasi, bertanya, dan mempelajari informasi penting. antara lain informasi ASI eksklusif, imunisasi, pemberiam MPASI dan gizi bayi seimbang, perawatan gigi, cuci tangan yang benar, dan penyakit umum balita dan pertumbuhan pada anak-anak.

Bagi para profesional kesehatan, kelas Ibu Balita adalah cara untuk belajar lebih banyak tentang kesehatan ibu hamil, bayi dan keluarganya, serta untuk membangun hubungan yang lebih dekat antara ibu dan anak. 20/06/2023