PROGRAM KOMPETISI KAMPUS MERDEKA - UNNES - TAHUN 2023

  • Oct 30, 2023
  • BAKALAN-DUKUHSETI
  • BERITA, POTENSI DESA

Program Kompetisi Kampus Merdeka atau disingkat dengan PK-KM merupakan suatu program yang ditujukan untuk meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan tinggi dengan memfasilitasi aspirasi, inovasi, dan semangat sivitas akademika dalam merespon dan mengantisipasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Meningkatkan kerja sama dengan dunia usaha serta dunia industri dalam rangka transformasi pendidikan tinggi guna meningkatkan daya saing di dunia kerja.

Tujuan dari program ini adalah mengasah kemampuan softskill kemitraan dan kolaborasi lintas disiplin serta kepemimpinan mahasiswa dalam mengembangkan potensi suatu desa serta meramu solusi untuk masalah yang dihadapi oleh pelaku usaha yang ada di desa atau daerah tersebut. Selain itu, melalui program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan yang dimilikinya, bekerjasama dengan banyak pemangku kepentingan di lapangan melalui keterlibatan mahasiswa.

Kegiatan PK-KM ini dilaksanakan pada bulan September 2023 sampai Januari 2024. Pada tahap awal pelaksanaan baik meliputi kegiatan koordinasi, perencanaan pelaksanaan dilakukan secara offline di kampus Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Negeri Semarang pada bulan September 2023. Keterlibatan dosen dan mahasiswa dalam program ini dapat menguatkan kemitraan program studi dengan mitra sehingga membuka peluang kolaborasi lanjutan.

Program Studi S1 Akuntansi Universitas Negeri Semarang berhasil lolos pendanaan atas pengajuan proposal pada program tersebut. Oleh karena itu, sebagai bentuk implementasi atas pengajuan proposal tersebut, Program Studi S1 Akuntansi membuat suatu program kegiatan yang terdiri dari mahasiswa Program Studi Akuntansi 2021 yang mampu memaparkan ide, gagasan yang disertai prototype pendukung. Terdapat 15 desa terpilih yang terletak di 3 kabupaten karesidenan Pati, Jawa Tengah yaitu di Pati, Rembang, dan Blora. Masing-masing dari daerah yang dipilih memiliki potensi yang berbeda-beda, harapannya dari program ini potensi tersebut semakin berkembang.

Salah satu desa yang terpilih menjadi tujuan dari kegiatan ini adalah Desa Bakalan, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati. Menurut pemetaan potensi setiap wilayah terpilih, Desa Bakalan memiliki 3 komoditas utama yaitu semangka, bandeng, dan kopyor. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa realita di lapangan potensi-potensi lain dapat ditemukan dan dikembangkan lebih optimal lagi.

Harapannya setelah program ini terlaksana, yaitu dapat mengangkat serta menumbuhkan perekonomian pelaku usaha/UMKM setempat menuju ke arah yang lebih baik dari sebelumnya serta dapat menambah wawasan mahasiswa dalam dunia usaha Semoga terdapat banyak hal yang bermanfaat atas program ini, Terima kasih atas dukungan semua pihak yang telah membantu dalam kelancaran kegiatan ini.