BIMTEK POSBINDU PTM DESA BAKALAN DARI DINAS KESEHATAN KABUPATEN PATI

  • Jul 03, 2024
  • BAKALAN-DUKUHSETI
  • DANA DESA, KEGIATAN, KESEHATAN

Posbindu PTM Terpadu (Posbindu PTM) merupakan kegiatan deteksi dini (pengawasan) penyakit yang bertujuan untuk memperoleh data yang akurat untuk mengetahui status kesehatan masyarakat. Dan Posbindu PTM perlu dilaksanakan pada lapisan masyarakat paling bawah. Masyarakat modern menganggap dirinya sehat, namun jangan lupa bahwa mereka bisa mengalami timbulnya penyakit, terutama sejak remaja hingga dewasa.

Berdasarkan hal tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Pati sebagai bagian dari pelayanan kesehatan masyarakat melaksanakan Bimtek terkait PTM (Penyakit Tidak Menular) di Desa Bakalan pada hari Selasa tanggal 25 Juni 2024 dengan narasumber Ibu Yuniarti SKM. M.Kes. Kegiatan Bimtek yang diikuti oleh Bidan Desa, Kader Posbindu, dan masyarakat Desa Bakalan berlangsung dengan aktif dan membahas bagaimana cara deteksi dini dan menggali riwayat kesehatan serta praktek dalam pengecekan penyakit secara langsung ketika kegiatan posbindu itu berlangsung.

Melalui kegiatan bimtek posbindu PTM ini, diharapkan dapat sesegera mungkin dilakukan pencegahan fakor resiko PTM sehingga kejadian PTM di masyarakat dapat ditekan. Adapun Sasaran Posbindu PTM mencakup usia 15 tahun ke atas baik kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun yang sudah menderita PTM, dengan dilakukan kegiatan 5 meja (pendaftaran, wawancara, pengukuran faktor resiko, pelayanan konseling, dan pencatatan pelaporan).